Announcement

Collapse
No announcement yet.

Deklarasi Jakarta untuk Penanganan Flu Burung

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Deklarasi Jakarta untuk Penanganan Flu Burung

    Deklarasi Jakarta untuk Penanganan Flu Burung
    29/03/2007

    Liputan6.com, Jakarta: Konferensi Tingkat Tinggi tentang pertukaran virus di dunia yang digelar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan 27 negara melahirkan Deklarasi Jakarta yang isinya terkait penanganan flu burung di Tanah Air. Deklarasi Jakarta memberikan harapan bagi Indonesia untuk menuntaskan kasus penyebaran virus H5N1 [baca: Flu Burung Masih Menjadi Ancaman].

    Deklarasi itu memuat tiga hal yaitu penguatan jaringan surveilans influenza, kemungkinan pembangunan laboratorium, dan kemudahan untuk mendapat vaksin. Sebelum deklarasi disepakati, Indonesia sempat menghentikan pengiriman virus AI ke WHO sebagai bahan penelitian. Sebab tanpa sepengetahuan pemerintah, sampel virus untuk pembuat vaksin diduga dikomersialkan ke perusahaan pembuat vaksin.

    Departemen Kesehatan berharap semua pihak dalam pertemuan itu konsisten menjalankan kesepakatan. Sehingga apabila dalam masa yang akan datang terjadi pandemi flu burung, Indonesia dengan mudah dapat menyediakan vaksin. Hingga saat ini, Indonesia adalah negara dengan jumlah angka kematian tertinggi di dunia akibat terinfeksi atau diduga flu burung.



    ...when you have eliminated the impossible, whatever remains, however improbable, must be the truth. - Sherlock Holmes
Working...
X