Announcement

Collapse
No announcement yet.

Virus Flu Burung Juga Bisa Ditemukan di Unggas Sehat

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Virus Flu Burung Juga Bisa Ditemukan di Unggas Sehat

    Virus Flu Burung Juga Bisa Ditemukan di Unggas Sehat

    Minggu, 4 November 2012

    108Jakarta.com - Ketua Avian Influenza - Zoonosis Research Center Universitas Airlangga, C. A. Nidom, mengatakan bahwa virus flu burung (H5N1) dapat ditemukan pada unggas yang sehat. Kondisi tersebut karena vaksin yang diberikan kepada unggas.


    Menurut dia, vaksin flu burung pada unggas tersebut membuat antibodi untuk unggas sehingga unggas akan tetap sehat dan tidak mati walau terkena virus flu burung. Akibatnya, tanda-tanda virus tersebut sudah terjangkit, tapi tidak terlihat. Sehingga kewaspadaan masyarakat kurang karena mereka berpikir unggas-unggas yang mereka miliki dalam keadaan sehat.


    "Penelitian kami menyatakan bahwa unggas yang sudah divaksin flu burung dapat tetap membawa virus walau terlihat sehat," katanya.


    Virus H5N1 itu akan ditularkan burung kepada manusia melalui kotorannya. Kotoran hewan tersebut akan mengering sehingga virusnya terbawa angin. Kemudian virus itu menjangkit manusia. Artinya, tanpa seseorang melakukan kontak dengan unggas pun, ia dapat terjangkit virus tersebut melalui angin.
    “Addressing chronic disease is an issue of human rights – that must be our call to arms"
    Richard Horton, Editor-in-Chief The Lancet

    ~~~~ Twitter:@GertvanderHoek ~~~ GertvanderHoek@gmail.com ~~~
Working...
X